Tugas Ruang Kolaborasi 1.3.a.5 - Visi Guru Penggerak PTT

 Power Point Tugas  Ruang Kolaborasi 1.3.a.5 - Visi Guru Penggerak 

Dunia mengalami perubahan yang sangat ekstrim saat ini. Perubahannya begitu cepat dan mampu mempengaruhi berbagai sendi kehidupan baik perilaku individu, struktur sosial maupun praktek berorganisasi. Dalam melihat dunia yang berkembang dengan sangat cepat ini, kita perlu belajar melihat dengan jernih apa yang sungguh-sungguh bermakna buat kita sekarang dan di masa depan. 

Derasnya rutinitas dunia membuat kita lupa akan makna. Kita jarang menilik kembali makna hidup kita dan harapan kita. Padahal, harapan itu bagaikan bahan bakar untuk tetap berputarnya dunia seorang manusia. Manusia yang berpengharapan akan memiliki peluang untuk mencapai lebih banyak ketimbang mereka yang tidak berpengharapan.

Power Point Tugas  Ruang Kolaborasi 1.3.a.5 - Visi Guru Penggerak


Murid yang memiliki pengharapan tinggi dapat mengonseptualisasikan tujuan mereka dengan jelas, sedangkan murid yang memiliki pengharapan rendah lebih ragu-ragu dan tidak jelas akan tujuan mereka. Murid dengan pengharapan tinggi menentukan tujuan mereka berdasarkan kinerja mereka sebelumnya. 

Mereka memasang target belajar dan standar kinerja yang sedikit lebih tinggi dari apa yang dapat mereka capai, karena mereka dapat menyelaraskan diri dengan tujuan mereka sendiri dan mengendalikan bagaimana mereka akan mencapainya. Murid seperti itu termotivasi secara intrinsik dan berkinerja baik secara akademis (Snyder et.al., 2002, p.824). Murid yang bertumbuh.

Dari kenyataan empirik tersebut, kemudian muncullah pertanyaan mengenai bagaimana kita sebagai guru dapat mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan tumbuhnya murid yang memiliki kemandirian dan motivasi intrinsik yang tinggi? Maka atas pertanyaan itulah, guru perlu terus berlatih meningkatkan kapasitas dirinya dalam memvisualisasikan harapan, menggandeng sesama dan mentransformasikannya menjadi harapan bersama. 



Dari sana, baru kemudian dilanjutkan dengan segala upaya gotong-royong yang diperlukan demi pencapaian harapan bersama tersebut. Harapan kita adalah visi kita. Visi kita sekarang adalah masa depan murid kita. Masa depan murid kita adalah masa depan bangsa kita, Indonesia.

Pentingnya mengetahui pemetaan kekuatan

  1. Untuk mengetahui peran serta potensi dari setiap komponen untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan.
  2. Untuk menentukan startegi /langkah-langkah yang akan diambil untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan.
  3. Untuk dapat memaksimalkan kekuatan dan segala faktor pendukung yang digunakan dalam mewujudkan visi

Manfaat pemetaan kekuatan dari berbagai sisi/komponen

  • Guru: merancang strategi yang akan diambil untuk mewujudkan visi
  • Siswa: untuk melihat dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya
  • Sarpras: mengetahui ketersediaan sarpras dan memanfaatkannya seoptimal mungkin
  • Komunitas: merupakan team work/rekan kolaborator untuk berkembang dan bergerak maju
Bapak Ibu Calon Guru Penggerak berikut ini kami bagikan contoh referensi materi PTT tetang tugas ruang kolaborasi modul 1.3.a.5 tentang Visi Guru Penggerak serta pemetaan kekuatan yang ada di sekolah.

Bagi bapak/ibu guru yang mengunduh seputar pemetaan kekuatan yang ada di sekolah baik yang internal mapun eksternal dalam ebntuk Power Point,bisa mengudnuh melalui link yang kami sediakan di sini.Silahkan Unduh Di Sini

Demikian materi seputar tugas pembuatan Power Point Tugas  Ruang Kolaborasi 1.3.a.5 - Visi Guru Penggerak yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi rekan Guru yang mengikti CGP Tahun ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Ruang Kolaborasi 1.3.a.5 - Visi Guru Penggerak PTT"

Post a Comment