Jurnal Pendampingan Individu CGP
Nama Calon Guru Penggerak
PAIMIN, S.Pd.SD
Tujuan dan fokus pembahasan pendampingan yang telah dilakukan.
Tujuan Pendampingan:untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi.
Fokus Pembahasan Pendampingan:
a.Diskusi tantangan belajar daring b. Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara c. Diskusi pembuatan kerangka portofolio d. Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung
kendala yang dihadapi oleh CGP selama proses pembelajaran Daring serta membahas terkait dengan tugas tugas di LMS sudah selesaikan semua atau belum.Kemudian selama pembelajaran 1 belum apakah sudah tampak perubahan pembelajaran di kelas.Media apa yang digunakan oleh CGP untuk membuat kerangka portofolio digital serta rencana CGP melakukan pengembangan diri selain mengikuti Program Guru Penggerak.Ketercaapaian pembelajaran Daring yang telah dilakukan oleh CGP,Tindak lanjut dari hasil Lokakarya Orientasi,pembuatan Portofolio Digital,Peta posisi dan rencana pengembangan diri kompetensi CGP.
Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari fokus pendampingan yang telah tersedia
a. Pengenalan lebih mengakrapkan cgp dengan pengajar praktik
b. CGP lebih siap dalam melangkah ke tahapan berikutnya
c. CGP Lebih termotifasi demi meningkatkan kinerjanya
d. Pengajar Praktik banyak seklai memberikan pengalaman-pengalaman baru sehingga cgp akan lebih mantap lagi untuk perubahan
Catatan yang perlu diperhatikan untuk pendampingan berikutnya dan catatan yang perlu diketahui fasilitator
*) Jangan lupa untuk menyalin catatan ini ke Jurnal Komunikasi
CGP Agak kesulitan mengatur jadwal, karena jadwal pendampingan dengan fasilitaror bersamaan dengan kegiatan dinas yang lainnya.Catatan untuk pendampingan berikutnya adalah komunikasi yang lebih intensif lagi.Catatan untuk fasilitator adalah CGP akan terus meningkatan implementasi dari pemikiran KHD dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan yakin akan melakukan sebuah perubuahan pembelajaran yang berpihak pada anak didik.CGP dengan semangat akan menyelesaikan Program Guru Penggerak ini sampai selesai dengan dukungan kepala sekolah,rekan guru,PP ,Fasilitator serta pemangku kepentingan yang ada di daerah.CGP akan menggunakan refleksi umpan balik yang diberikan oleh Kepala Sekolah,Pengajar praktik serta Fasilitator untuk menjadi Guru Penggerak yang bisa menggerakan komunitas belajar di lingkungan sekolah.
Hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan
Motivasi atau dukungan penuh dari lingkungan sekolah(Kepala Sekolah dan rekan guru)
Bimbingan atau pendampingan yang berkelanjutan
Motivasi,fasilitasi dan bimbingan dari pengajar praktik Kolaborasi dan komunikasi yang baik antara CGP,Kepala sekolah rekan sejawat serta Pengajar Praktik dan Fasilitator
Hasil pemantauan terhadap perkembangan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan
CGP berani menyampaikan pendapat,bersemangat dalam mengikuti Program Guru Penggerak serta bersikap sopan dan santun selama kegiatan pendampingan berjalan.
Sudah mulai memahami alur dan Tujuan dari Program Guru Penggerak dengan baik
Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan
CGP lebih bijak dalam mengabil keputusan dan santun dalam berpendapat
CGP lebih mengutamakan kebutuhan belajar murid selama proses pembelajaran
CGP sudah terampil dana menyampaikan gagasan atau pendapat dalam kegiatan diskusi kelompok
0 Response to "Jurnal Pendampingan Individu CGP "
Post a Comment