Contoh Soal TKP CPNS 2019

Contoh Soal TKP CPNS 2019

Dalam Seleksi Penerimaan CPNS, Soal CPNS 2018 yang akan kamu lalui adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes SKD merupakan momok tersendiri jika kamu hadapi tanpa persiapan karena tes ini terdiri dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

PENGETAHUAN TKP

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) termasuk di dalamnya Tes Skala Kematangan (TSK) merupakan suatu tes psikologi yang digunakan untuk mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Di dalam Ilmu Psikologi, Tes ini merupakan bentuk adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness yang dikembangkan oleh psikolog Amerika, yaitu Dr. Robert Epstein.
Epstein adalah profesor dan peneliti psikologi yang mendirikan Cambridge Center for Behavioral Studies di Massachusetts Amerika.

Materi tes yang diujikan dalam psikotes atau tes CPNS pada umumnya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling
dibutuhkan oleh seorang pegawai atau karyawan yang profesional. TKP dalam tes CPNS bertujuan untuk menilai:
1) Integritas diri
2) Semangat berprestasi
3) Kreativitas dan inovasi
4) Orientasi pada pelayanan
5) Orientasi kepada orang lain
6) Kermampuan beradaptasi
7) Kemampuan mengendalikan diri
8) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
9) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
10) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
11) Kemampuan menqgerakkanDelRelanjutan
10) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
11) Kemampuan menggerakkan d a n mengkoordinir orang lain

STRATEGI MENGHADAPI TKP

Kerjakan soal-soal TKP secara jujur sesuai dengan kepribadian Anda dan yang perlu diketahui bahwa pada TKP,ada beberapa soal yang Muncul berulang-ulang. Hal ini bertujuan untuk menguji tingkat kejujuran dan kekonsistenan Anda. Sesuai dengan aspek kedewasaan yang diujikan pada TKP seperti disebutkan di atas, maka diharapkan melalui tes ini akan dinilai bahwa Anda harus bertanggung jawab, berintegritas bersikap jujur, memiliki pengendalian diri (tidak mudah marah), mempunyai semangat berprestasi mampu beradaptasi terhadap situasi dan teman baru, tegas, percaya diri, punya inisiatif, tekun, kreatif, menghargai orang lain, bertoleransi terhadap orang lain, efisien dalam melaksanakan pekerjaan, dan memiliki kepedulian lingkungan.

Untuk memiliki karakter-karakter yang disebutkan di atas, Anda harus berlatih untuk membiasakan diri. Dengan memiliki karakter-karakter di atas, Anda akan menjadi seorang yang lebih dewasa, berwibawa, dan lebih dihormati orang lain. Hal ini akan berimbas pada karir Anda dan meningkat secara signifikan. Perlu diketahui bahwa memiliki karakter-karakter di atas bukan melalui tes ini, tetapi melalui praktek langsung dalam keseharian.

ASPEK-ASPEK TKP

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengankriteria penilaian TKP dalam seleksi CPNS, perlu diketahui aspek-aspek yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang bagus tersebut. Aspek aspek tersebut meliputi
  • Aspek integritas
  • Aspek kejujuran
  • Aspek tanggung jawab
  • Aspek kemampuan beradaptasi
  • Aspek pengendalian diri
  • Aspek semangat berprestasi
  • Aspek inisiatif
  • Aspek ketekunan
  • Aspek penghargaan terhadap orang lai>Aspek ketegasan
  • Aspek kepercayaan diri
  • Aspek toleransi
  • Aspek kepedulian lingkungan
  • Aspek efisiensi cara kerja

Contoh soal TKP Aspek Integritas

Saya termasuk pegawai yang berprestasi di kantor saya. Suatu waktu, perusahaan saingan kantor saya menawarkan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar dari yang saya terima di perusahaan saat ini. Saya akan
A. Tanpa berpikir panjang segera mengambil tawaran tersebut.
B. Menolak tawaran tersebut, bagi saya uang bukan segalanya.
C. Mempertimbangkan tawaran tersebut dengan keluarga.
D. Memanfaatkan adanya tawaran tersebut untuk meminta kenaikan gaji. x
E. Melaporkan tindakan perusahaan.

Contoh soal TKP Aspek Kejujuran

Sebagian rekan kerja pulang 1 jam lebih awal dari jadwal yang seharusnya, bagaimana dengan Anda?
A. Saya tidak melakukannya agar dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan.
B. Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal.
C Karena banyak rekan kerja yang melakukannya, mungkin hal itu tidak menjadi masalah yang berarti

D. Demi kesetiakawanan, saya ikut melakukannya
E. Saya juga akan melakukannya karena banyak yang melakukannya

Contoh soal TKP Aspek Tanggung Jawab

Saat menerima pekerjaan besar, saya biasanya
A. Senang dan berusaha menyelesaikannya dengan hasil yang memuaskan
B. Merasa malas dan menyelesaikannya asal-asalan saja yang penting selesai.
C. Takut tidak bisa maksimal menyelesaikan pekerjaan itu

D. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan.
E. Menganggap itu sebagai pekerjaan biasa dan sepele.

4. Contoh soal TKP Aspek Kemampuan Beradaptasi

Di lingkungan kerja yang baru…
A. Saya akan berkenalan jika saya membutuhkan bantuan.
B. Saya menunggu rekan kerja yang ingin berkenalan.
C. Saya perlu waktu untuk mengenal rekan-rekan kerja yang baru.
D. Saya akan langsung akrab dengan rekan kerja baru saya.
E. Saya senang sekali jika ada yang ingin berkenalan.

Contoh soal TKP Aspek Pengendalian Diri

Dalam suatu rapat perusahaan, pendapat saya ditolak oleh peserta rapat. Saya akan
A. Berlapang dada menerima penolakanitu
B. Tidak terima dan langsung meninggalkan tempat rapat
C. Berusaha keras meyakinkan peserta rapat untuk menerima pendapat saya.
D. Menghargai perbedaan pendapat yang terjadi.
E. Dengan berat hati menerima penolakan, dan mengikuti rapat hingga selesai.

Contoh soal TKP Aspek Semangat Berprestasi

Menurut saya cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja adalah.
A. Bekerja dengan sepenuh hati.
B. Mematuhi semua perintah atasan tanpa terkecuali.
C. Bekerja dengan giat dan berusaha memberikan yang terbaik.
D. Berusaha menyingkirkan orang yang berpotensi menghalangi karir saya.
E. Bekerja tanpa mengenal waktu.

Contoh soal TKP Aspek Inisiatif

Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya
A. Membiarkan masalah terus berlangsung.
B. Mencari tahu adakah pihak lain yang turut bersalah dalam hal ini.
C. Mengambinghitamkan orang lain.
D. Akan tetap bertanggung jawab dan mencari solusinya.
E. Seharusnya ada orang lain yang membantu menyelesaikan hal ini.

Contoh soal TKP Aspek Menghargai Orang Lain

Tanpa sengaja saya bertemu teman lama saya yang sekarang lebih sukses daripada saya. Saya akan .
A. Menyapanya dengan ramah dan sopan.
B. Diam saja sampai dia menyapa lebih dahulu.
C. Pura-pura tidak kenal.
D. Berusaha menghindar
E. Merasa malu, menyapanya sebentar, darn kemudian bergegas pergi

Contoh soal TKP Aspek Ketegasan

Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban.
Sikap saya adalah…
A. Melaporkan pada atasan saya agar diberi sanksi yang tegas
B. Membagi tugas secara adil dan memotivasi serta menegur anggota untuk menyelesaikannya.

C. Menasihatinya agar sadar akan penyelesaian tugas yang diemban.
D. Mengerjakan tugas itu sendiri asal selesai tepat waktu.
E. Mengancam anggota yang tidak serius tersebut akan dikeluarkan dari tim.

10. Contoh soal TKP Aspek Kepercayaan Diri

Saya telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan presentasi di kantor besok pagi.
A. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar.
B. Saya pasrah bila ada kendala yang membuat presentasi saya nanti menjadi tidak lancar
C. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan lancar
D. Meski begitu, saya cemas jikalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar.
E. Berprasangka buruk ada orang yang iri terhadap saya, lalu melakukan sabotase peralatan presentasi saya.

11. Contoh soal TKP Aspek Toleransi

Hari ini ayah dari rekan kerja Anda sakit keras dan rekan Anda tersebut tak punya biaya untuk membawanya ke rumah sakit.
A. Saya memberinya bantuan semampu saya.
B. Saya mengoordinir rekan-rekan lain untuk turut membantu
C. Saya melaporkan kepada atasan tentang hal ini agar atasan yang membantunya
D. Saya menasihatinya untuk lain kali mencari fasilitas jaminan kesehatan.
E. Saya menyuruhnya untuk mengikuti asuransi kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal TKP CPNS 2019"

Post a Comment