Kunci Jawaban Formatif Kb 1 Modul 2 Bahasa Indonesia Guru Kelas
Kunci Jawaban Formatif Kb 1 Modul 2 Bahasa Indonesia Guru Kelas
Pada kesempatan malam ini kami akan berbagi materi pembelajaran Daring(Dalam Jaringan) mata pelajaran Bahasa Indonesia Guru Kelas SD.Soal dan jawaban yang kami bagikan ini bisa dijadikan sebagai bahan acuan bagi rekan guru dalam mengerjakan soal-soal formatif yang ada di modul 2 mata pelajaran bahasa indonesi.
Kunci Jawaban Formatif Kb 1 Modul 2 Bahasa Indonesia Guru Kelas |
1. Unsur bahasa itu terbatas, tetapi dengan unsur terbatas itu dapat dibuat satuan bahasa yang tidak terbatas walaupun bersifat relatif, sesuai dengan sistem yang berlaku dalam bahasa itu. Contoh dari huruf p, a, l, u dapat dibentuk kata palu, lupa, dan pula. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa bahasa itu bersifat … .
A. Konvensional
B. Bervariasi
C. Unik
D. Produktif
E. Arbitrer
2. Pilihlah pernyataan yang paling tepat tentang teori pemerolehan bahasa anak … .
A. teori interaksionalisme menyoroti aspek perilaku kebahasaan yang dapat diamati langsung dan hubungan antara rangsangan (stimulus) dan reaksi (response)
B. istilah pemerolehan dipakai untuk padanan istilah inggris acquisition, yakni, proses penguasaan bahasa yang dilakukan anak secara natural pada waktu dia belajar bahasa ibunya
C. teori nativisme beranggapan bahwa pemerolehan bahasa merupakan hasil interaksi antara kemampuan mental pembelajaran dan lingkungan bahasa
D. menurut teori educational, yang paling utama harus dicapai adalah perkembangan kognitif, barulah pengetahuan dapat keluar dalam bentuk keterampilan berbahasa
E. teori fungsional juga percaya bahwa setiap manusia yang lahir sudah dibekali dengan suatu alat untuk memperoleh bahasa (language acquisition device, disingkat lad)
3. Orang – orang di Indonesia menyebut benda ini sebagai “buku”, padahal tidak ada hubungan penalaran antara istilah “buku” dan rupa benda tersebut. Meski demikian, orang Indonesia tetap sepakat untuk menyebut benda tersebut sebagai “buku” bukan “bola”. Peristiwa ini menunjukkan bahwa … .
A. bahasa itu produktif dan arbitrer
B. bahasa itu unik dan konvensional
C. bahasa itu bunyi dan bermakna
D. bahasa itu arbitrer dan bermakna
E. bahasa itu arbitrer dan konvensional
4. Dalam naskah sumpah pemuda pada urutan ketiga, bahasa Indonesia dirumuskan sebagai … .
A. bahasa nasional
B. bahasa pemersatu
C. bahasa negara
D. lambang kebangsaan
E. identitas nasional
5. Pada umur 4 bulan Difa sudah mengucapkan kata ma ma ma dan da d a da. Tahap pemerolehan bahasa yang terjadi pada Difa adalah … .
A. Holofrastis
B. Babbling
C. Bilabial
D. Telegrafik
E. Cooing
6. Susunan kalimat “Apa kabar?” tidak bisa diubah menjadi “Kabar apa?”. Hal itu membuktikan bahwa … .
A. bahasa itu konvensional
B. bahasa itu lambang
C. bahasa itu sistem
D. bahasa itu bermakna
E. bahasa itu produktif
7. Ciri ragam seni ilmiah adalah sebagai berikut, kecuali … .
A. Objektif
B. gaya penyajiannya popular
C. lugas
D. kalimatnya efektif dan baku
E. situasinya semi formal
8. Peryataan berikut yang termasuk ragam bahasa dalam surat keputusan resmi adalah . . . .
A. Ketua panitia lomba menerangkan bahwa nama-nama mahasiswa berikut ini telah melaksanakan tugas sebagai juri.
B. Berkenaan dengan hasil rapat ketua organisasi mahasiswa. Kami sampaikan putusan hasil rapat sebagai rapat.
C. Yang bertanda tangan di bawah ini kedua belah pihak dan sepakat menentapkan hal-hal sebagai berikut.
D. Direktur Bank Buana Cipta menetapkan nama-nama berikut ini sebagai penitia lelang untuk tahun 2007
E. berdasarkan keputusan dekan nomor15/UP/J36.1.1/2003. Setiap kegiatan mahasiswa harus diketahui oleh dosen kurikulum
9. Di Indonesia orang menyebut “air” untuk menunjuk pada sebuah benda yang bersifat cair, bisa direbus, bisa dipakai untuk mandi dan mencuci. Namun, di Inggris orang menyebutnya “water”, sedangkan di Saudi Arabia orang menyebutnya “Ma’an”. Orang Jawa punya sebutan lain lagi, yakni “banyu”. Sementara Orang Sunda menyebutnya “cai”. Hal ini membuktikan bahwa . . .
A. bahasa itu lambang
B. bahasa itu unik
C. bahasa itu arbiter
D. bahasa itu produktif
E. bahasa itu relatif
10. Dapat mengetahui karakter orang lain, bakat, emosi dan kadar intelektualitas merupakan salag satu fungsi bahasa sebagai . . . .
A. sebagai sarana adaptasi dan integrasi
B. sebagai alat control social
C. sebagai sarana memahami diri
D. sebagai sarana dalam memahami orang lain
E. sebagai sarana komunikasi
0 Response to "Kunci Jawaban Formatif Kb 1 Modul 2 Bahasa Indonesia Guru Kelas"
Post a Comment