Refleksi Hari Ke 10 Pembekalan Calon Pengajar Praktik Teknik 6 Topik

 Berikut ini adalah kegiatan refleksi Minggu ke 10 Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 10 gelombang pertama di kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembekalan pada hari ini? 

Saya merasa senang karena pada pertemuan hari ini,kita melakukan pendalaman materi terkait dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang fasilitator serta bagaimana cara menjadi seorang fasilitator yang kompeten yang bisa mengakomodir kebeutuhan para CGP.Kemudian kita juga diberikan kesempatan untuk saling diskusi dan tanya jawab jika merasa ada yang kurang paham terkait dengan tugas dan materi yang disampaikan.

Refleksi Minggu ke 10 pembekalan CPP Angakatan 10


Bagaimana perasaan Anda selama mengikuti proses pembelajaran hari ini?

Perasaan saya senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan pada hari ini,namun karena jarak rumah dengan sekolah jauh,maka saya agak terlambat mengikuti kegiatan.Meskipun demikian saya akan tetap berusaha untuk dapat mengikuti pembekalan CPP angkatan 10 ini sampai selesai dan bisa menularkan ilmu kepada CGP yang akan saya dampingi di kegiatan lokakarya maupun pendampingan Individu.

Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari pembelajaran hari ini?

Hal positif dari kegiatan pembelajaran hari ini adalah:

1. saling menghormati Menghargai pendapat dari rekan lain

2. Kegiatan pembelajaran yang memberikan ruang bagi CPP mengemukakan pendapatnya

Ceritakan hal-hal yang menghambat pembelajaran Anda pada hari ini?

hal yang menghambat kegiatan pembelajaran saya hari ini adalah

1.Terkendala waktu(jarak rumah ke sekolah jauh)sehingga agak terlambat dalam kegiatan Gmeet

2. Aada kegiatan lain yang pelaksanaannya sama hari ini,yaitu kegiatan IHT penguatan kepala sekolah

3. Koneksi jaringan yang kurang stabil

Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda mengikuti pembelajaran hari ini?

Ide dan gagasan setelah mengikuti pembelajaran modul ini, saya memikirkan satu ide untuk menerapkan Teknik fasilitasi kepada rekan rekan guru di komunitas praktisi sehingga mereka secara mandiri menemukan ide dan gagasan dalam melaksanakan pembelajaran yang meemerdekakan .

Ceritakan kesimpulan-kesimpulan yang Anda dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini?

Kesimpulan yang saya dapatkan dari kegiatan ini adalah

Dari pembelajaran tentang Teknik fasilitasi dalam pendampingan saya dapat menyimpulkan bahwa Keterampilan fasilitasi merupakan serangkaian kemampuan yang harus dikuasai oleh fasilitator sebelum melakukan pendampingan yakni : Kemampuan bertanya, kemampuan mendengar aktif, Komunikasi, Bahasa tubuh, serta mampu mengarahkan orang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Refleksi Hari Ke 10 Pembekalan Calon Pengajar Praktik Teknik 6 Topik"

Post a Comment