Jurnal Pembelajaran Kelas 3 SD kurikulum 2013 semester 1

Jurnal harian guru menjadi bagian dari catatan penting Guru dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas.Dalam buku jurnal harian, kita merekam kegiatan belajar mengajar di kelas. Dari jurnal harian guru, kita mendapatkan bahan untuk refleksi diri, mempelajari pola perilaku siswa, mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengevaluasi dan melakukan refleksi.

Meskipun Kurikulum Merdeka tidak mengharuskan jurnal kegiatan harian guru, kita sendiri dapat memetik manfaat dari catatan buku jurnal harian. Bila Guru Pintar telah terbiasa membuat jurnal mengajar guru di K13, tak ada salahnya melanjutkan menulis jurnal harian guru di Kurikulum Merdeka.

Jurnal Harian Kelas 3 Semetser 1


Meskipun demikian masih akan dibutuhkan untuk keperluan administrasi guru.Karena tidak menjadi keharusan di Kurikulum Merdeka, sebenarnya tidak ada format yang mengikat dalam menyusun jurnal mengajar guru. Kita bisa mengacu pada format jurnal pembelajaran yang telah kita gunakan sebelumnya. 

Berikut contoh jurnal mengajar guru K13.Terlepas dari keperluan administrasi kedinasan, jurnal guru mengajar semestinya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Lagipula, bukankah memang itu merupakan salah satu tujuan jurnal kegiatan harian guru?.

Jurnal mengajar guru memang idealnya diperlukan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam melakukan tindakan perbaikan terhadap kinerja guru. Jurnal mengajar guru juga digunakan sebagai sumber data bagi para peneliti dan pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan. 

Namun bagi kita, jurnal harian guru lebih merupakan catatan pribadi tentang rencana pembelajaran, evaluasi pembelajaran, interaksi dengan siswa, masalah yang timbul selama kegiatan belajar mengajar, serta refleksi pengalaman mengajar dan upaya untuk meningkatkan pembelajaran siswa di kemudian hari.rategi pembelajaran, bahkan menilai pembelajaran yang telah berlangsung selama ini.

Berikut ini contoh Jurnal Harian kelas 3 SD kurikulum 2013 semester 1 tahun ajaran 2023/2024 mulai bulan September-Desember.Jurnal ini dibuat dengan menggunakan format ms.word sehingga mempermudah bagi guru dalam melakukan pengeditan identitas.

Silahkan unduh Jurnal Pembelajaran Kelas 3 SD kurikulum 2013 semester 1 melalui link di bawah ini.

Download Jurnal Kelas 3 SD KK 2013:

1. Jurnal Harian Kelas 3 Bulan September-Oktober ( Tema 3 )

2. Jurnal Harian Kelas 3 Bulan September-Oktober ( Tema 4 )

Demikian materi terkait dengan pembuatan Jurnal Harian kelas 3 SD kurikulum 2013 semester 1 tahun ajaran 2023/2024 mulai bulan September-Desember.Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurnal Pembelajaran Kelas 3 SD kurikulum 2013 semester 1 "

Post a Comment